Tortoise SVN

Wehehe.. judul nya ko ngiklan bgt?? haha.. ga ko, sebenernya saya jg bukan lagi promosi suatu produk. Tapi kegunaannya.. Ni sopware namanya Tortoise SVN, buat client side nya s.. kalo server side nya saya biasa make VisualSVN. 2 sopware berguna bgt buat temen2 yang lagi ngerjain proyek2 bikin aplikasi. Ga terbatas buat aplikasi si sebenernya. 2 sopware ini ngebantu bgt buat saya, dan mungkin temen2 lainnya yg uda biasa pake. Terus buat yang belum pernah pasti nanya, guna nya apa dong? Oke, saya jelasin.

Saat kita bikin suatu aplikasi atau proyek lainnya, tentu nya kita ga bakal ngerjain suatu proyek tersebut dalam 1 waktu dan voilaaa bener tanpa kesalahan. Tentunya kadanga kita suka ngubah2 isi source code yang sedang kita bangun buat memperbaiki bagian ini itu. Nah, disini lah kegunaan 2 sopware ini..  Hmm..biar gampang kita sebut lah si Tortoise SVN ini TSVN dan VisualSVN ini VSVN. Nah VSVN ini gunanya kita bisa bikin local server di PC ato Laptop kita. Nah d VSVN ini kita nanti bisa bikin repository, yaitu tempat untuk kita naruh segala sesuatu source-code dan tetek bengeknya. Tentunya temen2 harus nyediain space untuk tempat repository nya. Sedangkan TSVN nya kita gunakan untuk ngeremote repository yang ada di local server nya. Udah mulai kebayang kan? hehe

Lanjut deh.. Nah, trus cara kerjanya? Iya, di server nya kan nanti kita naruh berbagai source-code. Kita bisa ngakses source-code nya dari TSVN, bisa kita liat, kita edit, dan untuk edit, kita harus ngelakuin SVN Commit biar nanti langsung sinkronisasi di servernya. Nah, di servernya nanti hasil editan kita nanti bakal jadi revision 1(hasil revisi 1, berarti revision 0 tu source-code asli yg blom kita edit). Disini nih gunanya buat kita sbg programmer / developer. Kita bisa liat sejarah2 source-code2 yang uda kita edit sebelumnya. Tentunya ini sangat berguna, kita bisa inget2 bug apa yang pernah terjadi pada source-code kita. So, buat temen2 yang merasa selama ini lumayan kesel kalo lupa sama source-code mending pake ini aja deh.. Bakal membantu bgt saya jamin.

Advertisements